Skip to main content

KUTUBUS SITAH

KUTUBUS SITAH





Pada masa Abbasiyah, hasil spektakuler dari perkembangan ilmu hadist adalah ditulisnya Kutubus sittah. Kutubus sittah rberarti kitab hadist yang enam. Enam kitab hadist tersebut adalah Sahih Bukhari, Sahih Muslim, Sunan Abi Dawud, Sunan At-Tirmidzi, Sunan An-nasa’I, dan Sunan Ibnu Majah.
1.Imam Bukhari
Penulis kitab hadist termahsyur pertama bernama Abu Abdullah Muhammad Bin Ali Hasan Al-Bukhari. Kita dapat menyebutnya Imam Bukhari. Ia lahir pada tanggal 13 syawal 194 H/21 Juli 810 M. Hadist mulai ia pelajari sejak ia berusia 11 tahun. Sejak ia berumur 16 tahun, ia mengunjungi pelbagai kota seperti Mekkah, Madinah, Basrah, Kuffah, Baghdad, dan kota-kota lain di Asia Barat. Ingatanya kuat, ia hafal 80.000 hadist lengkap dengan perawinya. Kitab monumentaknya adalah Al-jami’ Ash-shahih yang dikeal dengan nama Shahih Bukhari. Kitab ini diakui sebagai kumpulan hadist yang paling shahih. Ia wafat pada tanggal 30 Ramdhan 256 H/ 31 Agustus 870 M.
2.Imam Muslim
            Setalah Al-bukhari penulis kitab hadist selanjutnya adalah Abu Muslim Bin Al-Halajj Al-Qushairi Al-naisaburi, dialah yang dikenal sebagai Imam Muslim. Ia lahir di Naisabur (Iran) Pada tahun 202 hijriah/817 M dan wafat pada tahun 216 H/875 M. Hadist-hadist Nabi mulai dikumpulkan Imam Muslim setelah menyelesaikan pendidikanya. Untuk itu ia mulai melakukan perjalanan ke pelbagai kota untuk meminta nasihat kepada ulama hadist. Sahih Muslim merupakan karyanya, kitab ini ditulis oleh Imam Muslim menyaring sebanyak 300.000 Hadist. Hasilnya adalah 4000 hadist Shahih.
3.Ibnu Majah
            Ahli hadist lainya pada masa Abbasiyah adalah Ibnu Majah. Ia lahir di Qzwin Irak pada tahun 209 H/824 M. Selain ahli hadist, ia juga ahli tafsit dan sejarah. Abu Abdillah Muhammad Bin Yazid Al-raba’I al-Qazwini adalah nama lengkap dari Ibnu Majah Majah merupakan helar bagi Yazid, ayahnya, yang terkenal dengan nama Majah Maula Raba’at. Ia belajar hadist sejak berumur 15 tahun pada Ali Bin Muhammad at-Tanafasi. Pada usia 21 tahun Ibnu Majah mulai mengadakan perjalanan untuk mengumpulkan dan menulis hadist. Negeri-negeri yang pernah dikunjunginya antara lain Rayy, Teheran, Basrah, Kufah, Baghdad, Syria, Khurasan  dan Mesir.
 Karyanya yang paling terkenal dibidang hadis ialah As-sunan atau lebih dikenal dengan sunan Ibnu Majah. Selain itu Ibnu Majah juga menulis kitab at-tarikh yang berisi biografi pra periwayat hadist sejak awal sampai pada masa hidupnya. Ibnu Majah wafat pada 20 Ramadhan 273 H/18 februari 887 M.
4.Abu Dawud
            Abu Dawud Sulaiman bin Al-asy’as bin Ishaq bin Basyir bin Syidad bin Amr bin Amrah al-Azdi al-Sijistani juga menulis menulis kitab hadist. Pendidikanya dimulai dengan mempelajari bahasa arab dan Al-qur’an. IA lahir tahun 202 H/817 M. Smapai berumur 21 tahun ia tinggal di Baghdad. Sesudah itu ia mulai menjelajahi berbagai kota yang sama dikunjungi oleh Ibnu Majah. Kitabnya yang terkenal ialah Sunan Abi Dawud. Dalam kitabnya tersebut Abu Dawud mengumpulkan 4.800 buah hadist dari 500.000 hadist yang ia hafal dan catat. Ia wafat pada tahun 275 H/888 M di Basrah.
5.An-nasa’i
            Lahir di Nasa’ , Khurasan pada tahun 215 H/830 M, itulah penulis kitab Hadist Sunan An-Nasa’I. Namanya adalah Ahamad Bin Syu’aib bin Ali bin Bahr bin Sinan. Namun ioa lebih dikenal dengan nama Abu Abdurrahman an-Nasa’i. Masa kecilnya dihabiskan ditmpat kelahirannya dengan belajar menghafal Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu islam lainya.
Sejak usia 15 tahun, ia mengembara ke Hijaj, Irak, Mesir, Syria dan Aljazair untuk mendalami ilmu hadist dan mengumpulkan hadist dari para ulama. Pada tahun 303 H/915 M, ia meninggal pada usia 85 tahun di Damascus. Karya-karyanya yang terkenal dalam bidang hadist ialah :
1.      As-Sunan Al-Kubra (Sunah-sunah yang agung)
2.      As-Sunan al-Mujtaba (Sunah-sunah pilihan) Yang lebih dikenal dengan Sunan An-Nasa’i
3.      Musnad ‘Ali (Kitab-kitab hadist dari Ali), dan
4.      Musnad Malik (Kitab hadist dari Malik)
6.At-tirmizi

Tokoh ilmu hadis selanjutnya ialah Abu Isa Muhammad bin Isa bin Surah bin Musa bin Dahhak al-Sulami al-Bugi. Ia lahir di Termez, Tadzikistan 209 H dan wafat didaerah yang sama pada tahun 279 H. Karyanya yang terkenal dalam bidang hadist ialah Jami’ at-Tirmizi atau yang terkenal dengan nama Sunan at-Tirmizi. 

Comments

Popular posts from this blog

Umur 9 tahun kurang sudah mengeluarkan darah ? Apakah darah haid ?

UMUR SEORANG WANITA YANG MENGALAMI HAID             Seorang wanita dikatakan mengalami haid jika sudah berumur 9 tahun (taqriban), tetapi tidak harus sempurna 9 tahun, boleh kurang, asal kurangnya tidak lebih dari 16 hari. Seorang wanita boleh dikatakan haid apabila memenuhi syarat sebagai berikut : 1.       Tidak kurang dari 24 jam 2.       Tidak lebih dari 15 hari 3.       Bertempat pada waktu mungkin/bisa haid Jika seorang wanita itu mengeluarkan darah sebelum umur 9 tahun maka itu bukan darah haid melainkan darah istihadhoh. Karena ia mengeluarkan darah pada saat berumur 9 tahun   kurang 16 hari. TAHUN YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGHITUNG UMUR HAID Tahun yang digunakan untuk menghitung umur haid adalah tahun Qomariyah (TahunHijriyah). Jadi umur 9 tahun diatas adalah umur yang hitunganya menggunakan tahun hijriyah bukan tahun masehi, karena selisihnya banyak. Sebab 1 tahun hijriyah itu 354 hari 8 jam 48 menit, sedangkan 1 tahun masehi adalah 366 hari 6 jam. *Fae

Download adobe photoshop cs 4

   Assalamu 'alaikum ! Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah software editing photo yang telah banyak digunakan oleh banyak orang karena kemampuanya yang luar biasa dalam hal mengedit photo. Tetapi sebelumnya kalian harus perhatikan dulu system requirement s yang dibutuhkan untuk menginstal software ini. Jika misalnya kurang memenuhi syarat, saya sarankan anda jangan menginstalnya di PC anda, karena takut ngeLAG :P Photoshop CS4 system requirements Windows 1.8 GHz or faster processor Microsoft® Windows® XP with Service Pack 2 (Service Pack 3 recommended) or Windows Vista® Home Premium, Business, Ultimate, or Enterprise with Service Pack 1 (certified for 32-bit Windows XP and 32-bit and 64-bit Windows Vista) 512 MB of RAM (1 GB recommended) 1 GB of available hard-disk space for installation; addi

Administrasi Mode Text sistem operasi jaringan

Administrasi mode text sistem operasi sangat penting untuk di pelajari. ini dikarenakan dengan mempelajari administrasi mode text dapat membatu dalam mengoperasikan sistem operasi secara lebih handal dan mendalam. Berikut ini kami coba sharing materi tentang administrasi mode text sistem operasi jaringan. Setelah partisi root ditemukan kernel akan menjalankan program init. Melalui program init inilah berbagai servis / layanan yang ada di sistem operasi akan dijalankan hingga terakhir user akan disuguhi tampilan login baik berbasis teks ataupun GUI tergantung pemilihan mode init. Mode init di Linux dibedakan menjadi 7 macam, yang dikenal dengan istilah run level, yakni: - 0, halt. Mode untuk mematikan komputer. - 1, single user text mode. Mode teks untuk user root. Mode ini juga dikenal sebagai mode rescue atau troubleshooting. Pada mode ini perbaikan sistem Debian termasuk mengubah password root dapat dilakukan. Selain itu, pada mode ini tidak ada servis / daemon yang akti